Stadion GBLA Diusulkan untuk Mengubah Nama: Danau Api Adalah Bumi Hangus

Football5Star.com, Indonesia – Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) menemui sejumlah polemik. Sekarang, stadion terbesar di Jawa Barat berada dalam kondisi tidak digunakan.

Terakhir kali Stadion GBLA digunakan adalah ketika Persib Bandung bertanding melawan Persija Jakarta di Liga 1 2018 lalu. Setelah itu, ditemukan sejumlah kerusakan konstruksi di tribun stadion. Sejak itu, Persib tidak dapat menggunakan Stadion GBLA kecuali untuk pelatihan atau pertandingan tanpa penonton.

Munculnya berbagai polemik di Stadion GBLA mendapat komentar dari berbagai pihak, salah satunya adalah penggunaan nama stadion. Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem, Muhammad Farhan, mengatakan bahwa nama Stadion Gelora Lautan Api Bandung tidak layak digunakan.

Stadion GBLA Diusulkan untuk Mengubah Nama: Danau Api Adalah Bumi Hangus "class =" wp-image-255440
Persib.co.id

Alasannya, menurutnya kata "Danau Api" memiliki konotasi negatif. Seperti banyaknya api yang membuat bumi hangus. Penamaan itu juga dikaitkan dengan sejumlah masalah yang terjadi di GBLA.

"Danau api adalah bumi yang hangus, jadi panas. Begitu banyak peristiwa," kata Farhan, seperti dikutip Football5Star.com dari halaman Berita PRFM.

Lebih jauh, Farhan juga menyarankan agar Stadion GBLA diganti namanya saja. Dia memberi contoh seperti Stadion Internasional Asia-Afrika. Penamaan Asia Afrika sendiri terkait dengan Konferensi Asia-Afrika yang pertama kali diadakan di Bandung pada tahun 1955 lalu.

"Sebelumnya telah ada proposal, untuk penamaan jangan menggunakan nama orang. Jadi mengapa tidak hanya Stadion Internasional Asia-Afrika," katanya.

Pada 2013, sebuah pertemuan diadakan polling untuk nama stadion baru yang dimiliki oleh warga kota Bandung. Mulai dari Stadion Gelora Gedebage, Stadion Gelora Rosada dan Stadion Gelora Bandung Lautan Api. Alhasil, masyarakat Bandung memilih Stadion Gelora Lautan Api Bandung untuk menamai stadion.

Pos GBLA Stadium Diusulkan untuk Mengubah Nama: Danau Api Earth Scorch muncul pertama kali di Football5star Football News.